Tips Mudah Menyikapi Bonus atau Rejeki Lebih

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 
UANG
 
Tips Mudah Menyikapi Bonus atau Rejeki Lebih. Bonus tahunan adalah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas golongan karyawan. Secara psikologis bonus terasa bagai sebuah pemberian tak terduga yang kadang besarnya cukup fantastis guna memenuhi keinginan-keinginan kita yang belum tercapai. Banyak orang bilang rejeki lebih seperti ini dengan sebutan rejeki nomplok. Suatu pendapatan tak terduga yang besarnya belum tentu tetap jumlahnya dan belum tentu ada diberikan oleh perusahaan.
Bagaimana cara orang menyikapi bonus atau rejeki lebih itu pasti berbeda satu dengan lainnya. Ada yang dengan tenang menanggapinya dan langsung menyisihkan semuanya untuk ditabung, ada yang dengan antusias membelanjakannya untuk membeli barang-barang yang belum kesampaian untuk dimiliki. Apapun pilihan yang diambil pasti akan ada konsekuensinya kemudian.
 
Jika kita memutuskan untuk membelanjakan semua bonus tersebut misalnya untuk membeli mobil yang sudah lama kita idamkan, maka kita bisa lihat apa yang akan terjadi pada aset berupa mobil tersebut. Coba lihat dalam waktu 10 tahun misalnya, dengan adanya depresiasi pada harga mobil, bisa saja mobil tersebut akan bernilai menjadi setengah dari harganya sekarang atau bisa lebih rendah lagi karena adanya inflasi yang menggerus nilai uang kita. Lantas apa yang akan terjadi jika 10 tahun lagi kondisi keuangan kita lagi tidak bagus sementara tiba waktunya anak kita masuk kuliah dan butuh biaya yang cukup besar? Jika kita tidak punya uang pada saat itu, maka kemungkinan terbesarnya adalah kita terpaksa harus menjual mobil tersebut demi membiayai kuliah anak kita. Dan uang dari hasil penjualan itu pun belum tentu cukup untuk membiayai kuliahnya.
 
Lantas apa yang terjadi jika kita memilih opsi untuk menyisihkan sebagian bonus tahunan kita untuk investasi, menabung, dan membeli suatu barang tertentu. Misalkan dari bonus tahunan itu kita membeli mobil yang tidak terlalu mahal, sehingga ada jatah investasi untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi. Bukan tidak mungkin dana yang diinvestasikan tersebut dapat membiayai kuliah anak kita 10 tahun dari sekarang tanpa kita harus menjual mobil kita. Anak bisa tetap sekolah dan kita masih bisa memiliki mobil sebagai sarana transportasi kita sehari-hari.
 
Jadi, apapun pilihan yang kita ambil terhadap uang yang kita miliki saat ini, akan mempengaruhi kondisi keuangan kita dimasa depan. Ingatlah bahwa Waktu adalah Uang. Uang dapat berkembang dan berlipat ganda dengan sendirinya jika kita mengetahui cara berinvestasi dengan benar. Gunakan konsep perencanaan keuangan yang baik agar semua kebutuhan kita dapat terpenuhi dimasa depan dan masa sekarang. Demikianlah penjelasan singkat mengenai Tips Mudah menyikapi bonus atau rejeki lebih. Semoga bermanfaat.
 
BACA JUGA:

Login Form