Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hanya ada satu tips dalam menggunakan kartu kredit dengan bijak, yaitu selalu lunasi tagihan bulanan anda. Mengapa demikian? Karena dengan membayar lunas tagihan bulanan, anda akan terhindar dari bunga kartu kredit. Pada hakikatnya kartu kredit itu diciptakan sebagai alat untuk menangani kebutuhan likuiditas anda. Maksudnya adalah untuk memudahkan transaksi tanpa harus repot membawa uang cash apalagi jika jumlah transaksinya besar. Repot bukan jika kita harus selalu membawa uang cash?

Nah, transaksi itu harus segera dilunasi pada saat tagihannya datang. Karena fungsinya adalah memudahkan transaksi kita biar tidak repot bawa uang, itu artinya kita sebenarnya punya uang untuk membeli suatu barang, tapi tidak kita bawa cash saat transaksi. Kita akan membayarnya bulan depan lewat transaksi perbankan untuk melunasi pembayaran tersebut. Jika prinsip tersebut dipahami dengan baik, maka kita akan terhindar dari masalah hutang kartu kredit.

Pada kenyataannya banyak orang yang terjebak dengan masalah kartu kredit. Hutang yang tidak habis-habis dengan bunga tinggi yang jauh melebihi penggunaan adalah masalah utama kartu kredit. Banyak orang salah kaprah dengan kartu kredit. Banyak yang menganggap kartu kredit sebagai “penghasilan tambahan” dan sebagai sarana untuk mengangkat gengsinya. Ada yang dengan bangganya menganggap dengan punya kartu kredit artinya kita berada pada golongan kaya, dan bahkan ada yang bangga karena memiliki 5 atau lebih kartu kredit.

Seringkali orang terjebak dengan banyaknya promosi yang diberikan oleh kartu kredit. Mulai dari fasilitas diskon dari merchant, undian yang menarik, atau fasilitas cicilan dengan bunga 0%. Bahkan ada yang dengan sigap membeli tiket pesawat promo dengan harga murah menggunakan kartu kredit. Faktanya adalah semua promo tersebut tidak ada gunanya jika kita tidak membayar lunas tagihan kita! Bunga yang muncul dapat lebih besar dari pada semua potongan harga yang diberikan pada promo tersebut. Semua promo tersebut baru akan terasa manfaatnya jika kita membayar lunas tagihan bulanan kita.

Berangkat dari tips utama yaitu lunasi tagihan bulanan kartu kredit kita, ada beberapa saran agar kita dapat secara pasti menerapkan prinsip tersebut. Diantaranya adalah :

1.       Miliki kartu kredit secukupnya saja, dari bank kita bertransaksi dan karena fasilitasnya (bukan karena desakan sesaat)

2.       Kendalikan kebiasaan berbelanja berlebihan, bedakan antara needs dan wants kita

3.       Pada saat menggunakan kartu kredit, pikirkan kemampuan membayar kewajibannya.

4.       Periksa setiap tagihan kartu kredit dengan seksama

5.       Ingat bahwa plafon kartu kredit bukan uang atau penghasilan tambahan.

BACA JUGA:

Cara Mengatasi Defisit Keuangan Dengan Hutang

Mengapa Kita Butuh Perencanaan Keuangan Pribadi?

Apa Itu Perencanaan Keuangan Pribadi?

Login Form